5 Tips Pantangan Darah Tinggi

Jika Anda telah didiagnosa terkena penyakit serius yaitu tekanan darah tinggi, Anda mungkin khawatir dan segera membeli obat untuk menurunkan tekanan darah anda.

Gaya hidup mempunyai peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi Anda. Jika Anda berhasil mengontrol tekanan darah Anda dengan gaya hidup sehat, Anda mungkin menghindari, menunda atau mengurangi kebutuhan tubuh anda akan obat.

Berikut ini adalah 5 tips Pantangan darah tinggi dengan gaya hidup sehat.

  1. Mengontrol berat badan agar selalu dalam keadaan Ideal.

Tekanan darah sering meningkat dengan meningkatnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan terganggu pernapasan saat Anda tidur (sleep apnea), yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah Anda.

 

Berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah. KHanya dengan menurunkan sekitar 10 pound (4,5 kg) dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda.

 

Selain menurunkan berat badan, biasanya Anda juga harus mengawasi pinggang Anda. Membawa terlalu banyak berat badan di sekitar pinggang Anda dapat membuat Anda Lebih beresiko dari sekedar tekanan darah tinggi.

 

Pada Umumnya :

 

  • Pria beresiko terkena tekanan darah tinggi jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 40 inci (102 cm).
  • Perempuan beresiko terkena tekanan darah tinggi jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 35 inci (89 cm).

 

Angka-angka ini bervariasi disesuaikan dengan etnis dan di mana anda tinggal, karena penudduk dunia mempunyai perbedaan struktur tubuh. Tanyakan kepada dokter Anda tentang ukuran pinggang yang sehat untuk Anda.

 

  1. Berolahraga secara teratur

 

Aktivitas fisik secara teratur – setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu – dapat menurunkan tekanan darah Anda.

 

Jika Anda memiliki tekanan darah sedikit tinggi (prehipertensi), olahraga dapat membantu Anda menghindari mengembangkan hipertensi full-blown. Jika Anda sudah memiliki hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih aman.

 

  1. Makan makanan yang sehat

 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan skimps pada lemak jenuh dan kolesterol dapat menurunkan tekanan darah Anda hingga 14 mm Hg. Perendanaan dan pengaturan terhadap makan ini dikenal sebagai diet.

 

Hal ini tidak mudah untuk mengubah kebiasaan makan Anda, tetapi dengan tips ini, Anda dapat mengadopsi pola makan yang sehat:

 

Jadilah pembelanja yang cerdas. Baca label makanan ketika Anda berbelanja dan tetap berpegang pada Dyet sehat anda bahkan ketika Anda makan di luar, juga.

 

  1. Kurangi sodium dalam diet Anda

 

Untuk mengurangi natrium dalam diet Anda merupakan salah satu pantangan darah tinggi untuk anda, pertimbangkan tips ini:

 

  • Baca label makanan. Jika mungkin, pilih alternatif makanan dan minuman yang mengandung rendah sodium.
  • Hindari makanan olahan. Hanya Natrium dalam jumlah yang sedikit juka secara alami dalam makanan. Kebanyakan natrium ditambahkan selama pengolahan.
  • Jangan menambahkan garam. Hanya 1 tingkat sendok teh garam memiliki 2.300 mg sodium. Menggunakan herbal atau rempah-rempah untuk menambah rasa pada makanan Anda mungkin lebih baik.

 

  1. Batasi jumlah alkohol yang Anda minum

Leave a Reply