Bersihkan Telenan Anda Sebelum Membahayakan Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi jika telenan merupakan salah satu peralatan yang sering kali ditemukan di dapur. Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk memudahkan ibu dalam memotong bahan yang akan dimasak. Umumnya telenan ini terbuat dari kayu ataupun plastik. Akan tetapi yang paling banyak digunakan oleh ibu rumah tangga di Indonesia adalah telenan kayu. Ada salah satu masalah yang sering kali dilakukan oleh ibu rumah tangga, yakni tidak mencuci atau membersihkan telenan setelah menggunakannya.

Padahal telenan yang kotor bisa dengan mudah ditempeli bakteri jahat yang tentu saja bisa membahayakan Anda. Bahkan tanpa disadari ada beberapa telenan yang ditumbuhi jamur tidak terlihat. Tentu hal ini bisa semakin membahayakan kesehatan bukan jika bercampur dengan bahan makanan yang Anda potong sehari-hari. Untuk itulah sebaiknya Anda mulai sekarang rajin untuk membersihkan telenan yang terbuat dari kayu ini.

Membersihkan telenan dari kayu juga sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cuci telenan menggunakan sabun pencuci piring terlebih dahulu. Pastikan Anda mencucinya hingga benar-benar bersih.
  • Kemudian setelah itu ada baiknya Anda mensterilkan telenan dengan cairan khusus. Misalnya saja karbol.
  • Cara mensterilkan dengan karbol juga cukup mudah, campur karbol beserta air sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Kemudian masukkan telenan ke dalamnya dan biarkan beberapa saat.
  • Setelah itu bilas telenan dengan air yang mengalir hingga bersih. Tanda telenan sudah bersih adalah aroma karbol sudah tidak begitu menyeruak.
  • Lalu jemur telenan hingga benar-benar kering. Lebih baik Anda menjemurnya di bawah sinar matahari yang panas.

Setelah dibersihkan, Anda bisa menyimpannya kembali di dalam rak atau lemari dapur. Jika ingin menggunakannya kembali, Anda juga tinggal mengambil saja. Mudah bukan? Disarankan untuk membersihkan telenan setiap setelah digunakan. Namun untuk menyeterilkannya tak perlu setiap hari. Minimal seminggu sekali sudahlah cukup. Diharapkan dengan mengetahui cara pembersihan ini Anda dan sekeluarga bisa tetap sehat serta terhindar dari kontaminasi bakteri yang ada pada telenan. Selamat mencoba tips ini!