Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat merupakan penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak bahkan bayi. Bayi yang masih kecil dan imut itu merupakan individu yang belum dapat menjaga kebersihan diri sendiri, oleh karena itu segala hal yang terjadi pada bayi bergantung pada orang tua terutama sang ibu. Perawatan bayi harus selalu diperhatikan terutama dalam hal kebersihan diri dan lingkungan bayi supaya bayi terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan termasuk biang keringat. Sistem pengeluaran keringat pada bayi pun belum stabil seperti pada anak-anakatau orang dewasa. Seringkali keringat berlebihan dapat menyebabkan biang keringat pada bayi.

Biang keringat pada bayi memiliki penyebab sistem fisiologi yang sama dengan penyebab biang keringat pada orang deawasa yaitu adanya penyumbatan.penyumbatan biasanya terjadi pada saluran kelenjar keringat penderita oleh sel-sel kulit mati dan bakteri. Pada bayi, pembentukan kulit sangat berkembang cepat, pembelahan sel-sel untuk meregenerasi kulit baru juga terjadi dangat cepat sehingga terdapat banyak sekali kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit dan memicu timbulnya biang keringat.

Tips mengatasi biang keringat pada bayi terdapat beberapa hal diantaranya:
– Menempatkan bayi pada lingkungan sejuk
Tempatkan bayi pada lingkungan yang tidak panas karena dapat membantu penyambuhanbiang keringat. Selain itu lingkungan sejuk juga akan memberikan kenyamanan pada bayi sehingga tidak sering menangis karena panas pada kulit akibat biang keringat akan menimbulkan rasa panas yang menusuk-nusuk.

– Gunakan pakaian berbahan lembut
Pakaian dengan bahan ringan dan lembut sangat disarankan untuk dipakaaikanpada bayi yang sedang menderita biang keringat. Pilihlah kain katun yang biasanya memiliki tekstur ringan dan lembut.

– Bersihkan kulit bayi dengan mandi secara rutin
Membersihkan kulit bayi secara rutin dengan cara mandi adalah sebuah keharusan untuk menjaga kulit bayi dari berbagai iritasi maupun mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit bayi. Sehingga tidak akan terjadi penambahan bintil-bintil biang keringat.

– Berikan ramuan-ramuan alami untuk mengobati
Supaya tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, gunakan ramuan-ramuan alami untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Gunakan ramuan tepung jagung dan tepung sereal yang sejuk untuk dioleskan di permukaan kulit bayi yang menderita biang keringat.

Tersebut beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Menepis Mitos Tentang Gejala Bronkitis Pada Anak