Cara Mengolah Makanan Sehat Agar Nutrisi Tetap Terjaga

Cara Mengolah Makanan Sehat Agar Nutrisi Tetap Terjaga

Makanan sehat, tampaknya sudah banyak orang yang tahu apa saja jenisnya. Mulai dari daging, sayur-sayuran, segala macam buah-buahan, kacang-kacangan, dan banyak lagi jenis makanan lain, sudah sangat dikenal kelezatan dan juga gizinya. Namun satu hal penting yang justru kadang dilupakan adalah cara mengolahnya sehingga gizi makanan tersebut tak menghilang. Tentu tak ada gunanya memilih makanan yang dianggap sehat, jika ternyata nutrisi di dalamnya sudah lenyap saat proses memasak, bukan?

Makanan Sehat
Cara Mengolah Makanan Sehat

Makanan yang sehat tak hanya makanan mentahnya saja, tetapi juga melihat bagaimana cara memasaknya dengan benar. Ini beberapa cara memasak yang sebaiknya Anda hindari:

  • Menggoreng di minyak panas – karena justru akan membuat lemak jenuh jadi meningkat dan membuat Anda rentan kolesterol.
  • Pakai arang – karena memasak dengan arang bisa meningkatkan resiko terkena kanker akibat adanya zat karsinogen di dalamnya.
  • Microwave dengan terbungkus plastik – cara memasak menggunakan microwave sendiri sebenarnya tak masalah, namun jika makanan masih terbungkus plastik, justru meningkatkan resiko kanker.

Lantas, bagaimana cara memasak yang sehat? Ini dia cara mengolah yang bisa menjaga nutrisi di makanan:

  1. Mengukus

Cara memasak seperti ini merupakan cara yang bisa dibilang paling menjaga nutrisi di dalam makanan dengan rasa yang lezat, dan cocok digunakan untuk macam-macam makanan.

  1. Merebus

Cara yang sangat sederhana namun cepat, praktis, dan tetap menjaga kandungan gizi di dalamnya. Selama suhu tak terlalu tinggi, ataupun air tak terlalu banyak, maka banyak makanan bisa diolah seperti ini.

  1. Menumis

Cara memasak seperti ini cukup perlu sedikit minyak saja, sehingga lebih sehat, praktis, dan bisa digunakan untuk banyak jenis makanan.

  1. Microwave

Di kemasan yang tepat, microwave bisa membuat makanan matang tanpa waktu memasak yang lama, membuat nutrisi di dalamnya tetap utuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diingat ketika Anda memilih makanan sehat. Jadi jangan hanya memikirkan bahan mentahnya saja, tetapi juga pikirkan pengolahannya agar nutrisi tak menguap setelah makanan dimasak. Selain itu, jangan ragu untuk melengkapi makanan dengan tambahan suplemen seperti susu berprotein tinggi, seperti L-Men misalnya, sehingga kebutuhan gizi Anda lengkap terpenuhi.

Baca juga: Dinginkan Biang Keringat Dengan Tepung Kanji