Fungsi Lidah Buaya Yang Sudah Terbukti

Siapa yang tidak mengenal lidah buaya? Tanaman yang memiliki bentuk unik ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Tidak sedikit orang yang menanam lidah buaya untuk dimanfaatkan sebagai bahan alami menjaga kecantikan rambut maupun kesehatan.

Fungsi lidah buaya yang pertama adalah yang paling banyak dikenal yaitu untuk menebalkan rambut. Penggunaan lidah buaya untuk membuat rambut menjadi lebih lebat ini ternyata telah dilakukan sejak zaman Mesir Kuno. Lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik dimana enzim tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat. Enzim ini bisa membasmi sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat folikel pada rambut sehingga menghambat rambut mendapatkan nutrisi.

Selain itu, lidah buaya juga bisa menyembuhkan ketombe yang membandel pada kulit kepala. Ketombe adalah kulit mati pada kepala. Lidah buaya berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati. Sifatnya yang anti jamur bisa menyembuhkan ketombe dalam waktu singkat. Orang-orang Indonesia zaman dahulu banyak menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe. Lidah buaya juga berfungsi sebagai gel pendingin rambut yang akan menyejukkan kulit kepala.

Fungsi lidah buaya untuk kesehatan juga tidak kalah banyak. Salah satunya adalah untuk menjaga keasaman dalam tubuh manusia. Misalnya manusia mengkonsumsi makanan yang mengandung asam berlebih maka lidah buaya bisa dibuat menetralkan kelebihan asam tersebut karena lidah buaya sifatnya alkali. Caranya adalah dengan dibuat jus. Jus lidah buaya membantu menyeimbangkan kadar asam yang berlebih.

Manfaat lidah buaya lainnya yaitu membuang racun atau detoksifikasi. Lidah buaya membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang mengendap lama. Gaya hidup yang tidak sehat membuat tubuh harus membersihkan berbagai jenis racun yang membahayakan. Lidah buaya bisa menjadi alternatif  untuk melakukan detoksifikasi tersebut. Caranya adalah dengan membuat jus lidah buaya. Ini merupakan cara yang ideal karena lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh meminimalisir racun dan stres.

Karena banyaknya fungsi lidah buaya, maka pilihlah produk-produk rumah tangga yang mengandung lidah buaya misalnya Sunlight. Kandungan lidah buaya pada Sunlight akan membawa kesegaran pada perabotan rumah tangga.

Sumber : Ragam Manfaat, Fungsi Dan Kasiat Lidah Buaya Atau Aloe Vera