Gejala dan Tips Mengatasi Diabetes pada Ibu Hamil

AkuSehat.Net – Tips mengatasi diabetes – Penyakit diabetes yang terjadi pada ibu hamil sering disebut dengan diabetes gestasional. Penyakit diabetes ini memang sangat wajar diderita oleh para ibu hamil. Akan tetapi apabila diabaikan dapat mengakibatkan komplikasi berupa penyakit jantung. Selain itu juga dapat menyebabkan calon bayi akan lahir dengan membawa penyakit diabetes. Untuk mengetahui apakah penderita penyakit diabetes gestasional atau tidak biasanya dilakukan dengan cara cek kadar gula darah. Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional biasanya mengalami gejala – gejala seperti
• Sering melakukan air kecil
• Mudah merasa haus
• Mudah merasa lapar
• Merasa gatal pada beberapa bagian tubuh
Apabila telah mengalami gejala dari penyakit diabetes gestasional tersebut, maka sudah dapat dipastikan ibu hamil menderita penyakit diabetes gestasional. Berikut tips mengatasi diabetes gestasional pada ibu hamil yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit diabetes gestasional tersebut.
1. Diet sehat
Diet sehat dilakukan oleh ibu hamil yang menderita penyakit diabetes gestasional berfungsi untuk menaikkan kadar gula secara berlebihan di dalam darah. Diet sehat dapat dilakukan dengan membatasi makanan yang mengandung lemak, gula maupun minyak. Karena makanan – makanan tersebut dapat memperparah penyakit diabetes gestasional.

2. Melakukan suntik insulin
Banyak ibu hamil yang mengalami penyakit diabetes gestasional mengkonsumsi obat – obatan untuk menyembuhkan penyakit diabetes tersebut. Padahal hal tersebut sangat berbahaya untuk perkembangan janin yang dikandung. Solusi yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut dengan memberikan suntikan insulin.

3. Lakukan banyak gerakan
Ketika hamil disarankan untuk melakukan banyak gerakan. Gerakan yang dilakukan tersebut dapat membuat metabolisme dalam tubuh menjadi normal. Karena kalori berlebih akan dapat dibuang lewat keringat yang dikeluarkan ketika melakukan gerakan – gerakan yang dilakukan tidak perlu yang berat. Ibu hamil dapat melakukan gerakan seperti jalan-jalan di sekitar rumah, membersihkan rumah, senam perenggangan ringan dan lain-lain selama kurang lebih 30 menit setiap hari.
Demikian tips mengatasi diabetes gestasional pada ibu hamil agar dapat segera menanggulangi penyakit tersebut dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu maupun calon bayi yang dikandung.

Baca Juga Artikel tentang : Langkah Menyembuhkan Penyakin Jantung Koroner dengan Bahan Alami