Supaya Gula Darah Normal, Kurangi Stress dengan 5 Strategi Ini!

Cara Gula Darah Normal, Kurangi Stress

Bagi orang-orang modern, stress adalah kondisi yang selalu nyaris dianggap normal, dan bahkan sudah menjadi bagian hidup sehari-hari. Stress karena pekerjaan, stress karena beban sekolah, stress karena pergaulan, semua itu selalu dialami oleh masyarakat. Padahal, untuk menjaga supaya tingkat gula darah normal, stress adalah salah satu hal yang harus dihindari.

Kenapa stress bisa membuat gula darah yang normal meningkat dengan cepat? Ini karena saat seseorang mengalami stress, hormon kortisol dan glukagon akan dilepaskan oleh tubuh untuk menanganinya. Padahal, hormon inilah yang akan membuat kadar gula darah Anda menjadi naik dengan cepat. Jadi tak mengherankan jika semakin Anda stress, maka semakin tinggi pula kadar gula darah yang terukur di tubuh Anda. Kalau dibiarkan saja, maka Anda beresiko akan terkena diabetes.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk menjaga agar stress bisa tetap terkontrol dan tak menjadi semakin berat? Ini yang bisa Anda lakukan:

  1. Olahraga

Olahraga akan membuat pikiran lebih tenang, meningkatkan mood, sekaligus menstabilkan gula darah tinggi. Anda bisa jalan kaki, jogging, yoga, maupun bersepeda.

  1. Pijat

Memijat badan akan membuat tubuh Anda memproduksi sel darah putih yang berguna sebagai imunitas tubuh, menurunkan tekanan darah, dan tentu saja, meningkatkan mood sehingga gula darah Anda turun.

  1. Relaksasi

Lakukan meditasi sambil mendengarkan musik yang lembut. Pelan-pelan, buat semua bagian tubuh Anda menjadi rileks. Ini akan membuat Anda jadi lebih tenang.

  1. Aromaterapi

Anda juga bisa memajang bunga segar yang harum, lilin, atau minyak harum di kantor maupun kamar Anda untuk membantu Anda rileks.

  1. Tarik napas dalam-dalam

Cara termudah menjaga agar stress tetap normal adalah mengambil napas dalam-dalam paling tidak 3 kali sebelum melakukan kegiatan apa saja.

Dengan membuat diri Anda menjadi lebih tenang, rileks, dan mood meningkat, gula darah normal bisa Anda capai disini. Namun tentu saja, Anda juga harus melengkapinya dengan tidur yang cukup dan pola makan yang sehat. Konsumsilah produk dari Tropicana seperti meminum susu non-fat, mengganti minyak goreng dengan minyak kanola, mengganti beras putih dengan beras merah Tropicana, dan menggunakan madu.