Inilah Cara Meminimalisir Penyebab Bayi Lahir Prematur

Penyebab Bayi Lahir Prematur – Salah satu masalah yang sangat dikhawatirkan oleh ibu hamil adalah kelahiran prematur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti menurunnnya kesehatan ibu hamil, kurangnya asupan nutrisi, dan masih banyak lainnya.

Penyebab bayi lahir prematur dapat diminimalisir dengan menerapkan beberapa langkah berikut :

  1. Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan

Ibu hamil dianjurkan untuk selalu memeriksakan kandungannya secara rutin sebulan sekali meskipun dalam kehamilannya tidak terjadi permasalahan. Pemeriksaan untuk kehamilan hingga 37 minggu dianjurkan setiap bulan sekali dan jika usia kandungan sudah lebih dari 37 minggu maka sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap minggu. Melakukan pemeriksaan dapat memastikan kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan sehingga mampu menurunkan resiko penyebab bayi lahir prematur

  1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut karena penyakit gusi dapat meningkatkan resiko bayi prematur. Jadi sebaiknya setelah makan dan sebelum tidur gosoklah gigi dengan rajin.

  1. Jangan tinggalkan sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan karena tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk aktivitas harian mereka. Meninggalkan sarapan ternyata juga dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur sehingga ibu hamil diwajibkan untuk sarapan dengan makanan yang sehat.

  1. Menghindari alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh saja tetapi juga buruk untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Mengkonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur sehingga bagi ibu hamil dianjurkan untuk menghindari kedua hal ini.

  1. Konsumsi lebih banyak air

Ibu hamil membutuhkan cairan yang lebih banyak untuk menghindari dehidrasi. Normalnya setiap orang harus minum air sebanyak 8 gelas per hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Menjaga asupan nutrisi

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Nutrisi yang baik dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan segar yang kaya vitamin dan mineral serta jangan lupa untuk mengkonsumsi daging atau ikan sebagai energy.

Agar nutrisi ibu hamil tercukupi dengan baik maka sebaiknya minum susu Lactamil yang memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan oleh ibu dan janin dalam kandungan.