Kenali Penyebab Alergi Kulit pada Anak dan Penanggulangannya

Alergi adalah keadaan tubuh  seseorang yang mengalami reaksi penolakan  terhadap sesuatu yang dianggap tubuh sebagai barang asing. Alergi kulit pada anak lebih sering dijumpai dari pada alergi kulit pada orang dewasa, dikarenakan kulit anak-anak masih sangat sensitif sehingga kulit nya lebih rentan mengalami iritasi dan infeksi. Selain itu bagi orang tua yang mempunyai bakat alergi, maka anaknya memiliki resiko tinggi terkena alergi pula. Para orang tua pasti tidak ingin anaknya mengalami alergi, oleh karenanya saya akan membagikan tips untuk mengenali penyebab pada alergi kulit pada anak dan penanggulangannya.

Penyebab alergi kulit pada anak bervariasi. Ada yang timbul karena makanan, debu, cuaca, bulu dan serangga. Alergi tersebut menyebabkan terjadinya gangguan pada anak, seperti gatal-gatal, biang keringat, eksim popok, eksim susu, kerak di daerah rambut, bintik atau bisul kemerahan dan sebagainya.

Penanggulangan alergi yaitu dengan cara menghindari sesuatu yang dapat menimbulkan anak mengalami alergi. Misalnya anak mengalami alergi telur, maka sebaiknya telur tidak dijadikan sebagai bahan masakan dirumah anda.  Menjauhkan anak terhadap hewan berbulu apabila anak alergi terhadap bulu. Selain itu menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari debu. Dan biasakan anak anda untuk mencuci tangan setelah bermain dengan sabun antiseptic, salah satunya dengan sabun lifebouy antiseptic yang telah dipercaya membunuh kuman. Selanjutnya menerapkan pola makan yang sehat agar tidak memicu munculnya alergi pada anak.

Anak tidak akan mampu mencegah atau mengobati alerginya sendiri, itu sebabnya orang tua harus lebih hati-hati dan teliti terhadap perkembangan sang buah hati. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply