Macam-macam Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Obat Alami
Macam-macam Obat Alami

Macam-macam Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang menjadi sebuah masalah kesehatan yang dapat dikategorikan cukup sering dialami oleh orang-orang di sekitar kita. Atau bahkan juga anda sendiri pernah mengalaminya. Untuk mengatasi sakit tenggorokan ada banyak obat alami yang bisa digunakan. Manfaatnya pun sama dengan obat modern, kecuali apabila sakit tenggorokan yang diderita adalah komplikasi berat sehingga memerlukan perhatian dan perawatan oleh dokter. Penyebab sakit tenggorokan sendiri ada bermacam-macam. Yang paling sering adalah dikarenakan adanya infeksi oleh kuman ataupun karena alergi. Jika sakit tenggorokan sudah menyerang tentu akan sangat mengganggu bukan ? Untuk makan juga tentu merasa tidak enak. Nah, berikut ini beberapa bahan alami untuk mengobati sakit tenggorokan :

Buah Lemon
Sudah banyak orang yang memahami bahwa buah lemon adalah buah yang kaya akan manfaat. Nah, salah satu manfaatnya tersebut adaah untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan astringen yang dipunyai oleh lemon inilah yang biasa untuk meredakan sakit tenggorokan. Tips untuk penggunaannya anda bisa mencampurkan 1 sendok air perasan jeruk lemon ke dalam segelas air mineral.

Teh Hangat
Secangkir teh hangat dapat meringankan sakit tenggorokan. Teh yang kaya akan antioksidan bisa untuk membunuh kuman penyebab inveksi yang menyerang tubuh kita, termasuk juga untuk menangadi kondisi radang yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada tenggorokan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, anda bisa mencampurkan teh dengan obat alami penghilang sakit tenggorokan yang lainnya, yakni lemon dan madu.

Garam
Bahan alami selanjutnya yang dapat untuk meredakan sakit tenggorokan adalah garam yang dilarutkan dengan air dan kemudian dijadikan sebagai obat kumur. Anda bisa mencampurkan segelas air hangat dengan 1/2 sendok teh garam. kumur menggunakan larutan garam tersebut paling tidak sehari 3 kali.

Cengkeh
Obat alami lainnya lagi yang dapat untuk menghilangkan sakit tenggorokan adalah cengkeh. Untuk menggunakannya pun sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan cengkeh bubuk 1 sampai 3 sendok teh dan kemudian campurkan dengan air matang. Buat untuk berkumur.

Madu
Madu pun dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Madu punya kandungan yang bersifat antibakteri, antivirus dan juga antijamur yang mampu untuk melawan virus maupun bakteri yang menyerang tenggorokan. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara mencampurkan satu sendok makan madu dan segelas air hangat.