Menepis Mitos Tentang Bronkitis pada Anak

Anak-anak belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat seperti orang dewasa. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan anak-anak harus dilakukan secara teliti setiap saat. Sedikit kelalaian akan membuat buah hati Anda rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menjangkiti anak-anak adalah bronkitis.

Penyebab penyakit bronkitis pada anak memang beragam, mulai dari polusi udara, asap rokok, kelainan paru-paru, hingga kondisi kelahiran prematur. Anda tak perlu panik saat menghadapi penyakit bronkitis pada anak. Tepislah mitos bronkitis pada anak sambil mempercayakan kesehatan anak Anda pada tim medis.

Mitos apa yang sering dikaitkan dengan bronkitis pada anak?

Anak yang Terserang Bronkitis Butuh Antibiotik

Faktanya, antibiotik adalah jenis obat-obatan yang efektif untuk menangkal penyakit yang berasal dari virus. Bronkitis tidak disebabkan oleh virus, melainkan disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang meninggalkan infeksi pada saluran bronkial.

Tidak Ada Cara Alami untuk Mengatasi Bronkitis

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit bronkitis hanya bisa disembuhkan oleh penanganan medis. Padahal ternyata ada cara alami mengatasi bronkitis yang bisa dilakukan di rumah. Anak-anak yang mengidap bronkitis harus berada di rumah yang udaranya bersih dan meminum air dalam jumlah yang cukup. Meminum sup kaldu hangat secara teratur juga bisa membantu meringankan gejala yang diakibatkan bronkitis. Untuk mendukung cara alami mengatasi bronkitis tersebut, Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim medis secara intensif.

Bronkitis dan Asma Adalah Penyakit yang Sama

Sebenarnya anggapan ini sering dianggap sebagai pembenaran karena gejala penyakit yang serupa. Banyak pula orang yang mengira bila penyebab bronkitis pada anak sama persis dengan penyebab asma. Walaupun menunjukkan gejala yang mirip, asma sesungguhnya berbeda dengan bronkitis.

Seseorang yang terlahir dengan penyakit asma bisa mengidap penyakit tersebut seumur hidupnya. Sedangkan bronkitis bisa menyerang semua orang tanpa terkecuali. Serangan bronkitis bahkan bisa diawali dengan penyakit yang sederhana seperti flu.

Penyakit Bronkitis Akan Menghantui Seumur Hidup

Berbeda dengan asma yang bisa diderita seumur hidup, tidak demikian halnya dengan bronkitis. Jika peradangan saluran bronkial sudah sembuh total dan anak Anda menjauhi penyebab bronkitis tersebut, tentu saja anak Anda akan senantiasa sehat dan bebas dari gangguan bronkitis. Oleh sebab itu, mengajak anak-anak untuk hidup sehat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara mandiri. Kini Anda jadi tak perlu khawatir dengan kesehatan anak Anda. Kesehatan anak-anak akan terjaga dengan baik bila Anda selalu memperhatikan tumbuh kembangnya setiap saat.