Mengapa Ketika Sering Buang Air Besar Tubuh Terasa Lemas?

Tubuh yang normal, memang akan selalu menjaga keseimbangan berbagai mekanisme di dalamnya secara otomatis. Salah satunya dalam hal proses pengeluaran kotoran sisa hasil metabolisme yang sering disebut dengan eksresi. Apabila kita tidak bisa mengeluarkan kotoran tersebut dalam jangka yang panjang, maka racun dalam kotoran tersebut bisa membahayakan tubuh. Akan tetapi bila terlalu banyak sering buang air besar tentu hal ini juga akan menimbulkan efek yang kurang baik, karena tubuh akan kehilangan sebagian besar zat yang dibutuhkan untuk bisa tetap beraktivitas.

Salah satu efek yang ditimbulkan apabila kita sering BAB secara berlebihan adalah kondisi fisik yang menjadi lemas dan terasa tidak bertenaga. Perlu diketahui, bahwa energi yang dihasilkan oleh tubuh untuk beraktivitas ini berasal dari berbagai zat dalam tubuh yang telah diproduksi oleh organ tubuh secara mandiri. Apabila tubuh merasa lemas karena gejala terlalu banyak intensitas buang hajat, ini dikarenakan:

  • Berkurangnya secara drastis cairan dalam tubuh yang digunakan oleh tubuh untuk bermetabolisme. Bila cairan ini berkurang, maka bisa dipastikan metabolisme akan terganggu dan energi tidak bisa diproduksi dengan baik,
  • Hilangnya beberapa zat yang berfungsi untuk meregenerasi sel seperti potasium atau kalium, sehingga tubuh tidak dapat memperbaharui sel-selnya yang mengalami kerusakan.

Itulah yang menyebabkan kenapa tubuh kita bila terlalu banyak buang hajat akan mengalami lemas seolah tak bertenaga, mengingat banyak zat penting yang justru terbuang bila intensitas eksresi berlebihan. Untuk mencegah gejala eksresi berlebihan ini, maka dianjurkan:

  1. Menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan agar terhindar dari bakteri jahat,
  2. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan dengan baik,
  3. Asupan makanan yang tepat dan bergizi.

Untuk menjaga kebersihan diri ini, maka yang perlu dilakukan secara minimal adalah secara rutin membersihkan tangan setelah sebelum dan setelah beraktivitas dengan sabun yang tepat. Produk Lifebuoy yang telah di formula khusus untuk mengatasi kuman dan bakteri berbahaya yang bisa menjadi pemicu gejala sering buang air besar adalah mitra yang tepat, agar senantiasa merasa bersih dan sehat selalu.

Leave a Reply