Mengenal Beberapa Penyakit Yang Di Sebabkan Oleh Kuman

Kuman yang terdiri dari virus dan bakteri kini memang menjadi penyumbang terbanyak dalam hal menyebarkan penyakit. Tak bisa dipungkiri memang bila keadaan badan kurang fit virus dan bakteri penyebab penyakit ini akan cepat menjangkit seseorang. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda mengenal beberapa penyakit yang disebabkan dari kuman dibawah ini sebagai referensi dan juga mengantisipasinya

1. Herpes

Herpes disebabkan oleh virus yang disebut herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2). Herpes termasuk penyakit kulit yang dikategorikan menular dan metode penularannya sendiri melalui udara yang terkontaminasi virus maupun kontak langsung pada penderitanya. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bercak-bercak gelembung berisikan air.

2. Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh virus yang disebut dengan varicella-zoster. Penyakit ini juga dikategorikan menular dan metode penularannya melaui kringat, udara yang terkontaminasi virus maupun kontak langsung dengan si penderita. Pada umumnya penyakit ini hanya menyerang manusia satu kali dalam seumur hidup, namun bila keadaan tubuh tidak fit kemungkinan besar juga dapat terkena penyakit ini kembali.

3. Gondongan

Gondongan disebabkan oleh virus yang disebut dengan paramyxovirus. Penyakit ini termasuk jenis yang menular dan metode penularannya melalui cairan tubuh si penderitanya. Untuk menghindari tertularnya penyakit ini, sebaiknya anda selalu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga jarak kepada penderitanya.

4. Flu

Flu disebabkan oleh virus yang disebut dengan influenza. Penyakit ini dikategoringan sangat mudah menular yang metode penularannya melalui udara yang terkontaminasi. Gejala dari penyakit ini pertama-tama si penderita akan mengalami bersin-bersin, batuk, pilek, pusing, hidung mampet, dan terkadang penderita akan mengalmi panas tinggi.

5. Polio

Polio disebabkan oleh virus yang disebut dengan polivirus. Penyakit ini termasuk sejenis penyakit yang menular dan metode penularannya melalui kontak langsung dengan si penderitanya. Pada umumnya virus ini menyerang manusia ketika masih kecil/balita yaitu sekitar umur 3 hingga 5 tahun.

Itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kuman. Untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman kuman penyakit, ada baiknya anda dan keluarga selalu mandi serta membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun anti kuman seperti lifebuoy.