Mengenal Gejala Penyakit Leukimia Stadium Awal Pada Anak

Leukimia atau yang biasa disebut oleh ahli kedokteran sebagai kangker darah merupakan penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Penyakit ini diakibatkan karena jumlah sel darah putih meningkat tak terkendali yang berakibat mengganggu sebagian fungsi sel. Lalu bagaimana gejala penyakit leukimia stadium awal pada anak? Berikut ini merupakan gejalanya

1. Anak Terlihat Pucat

Penyakit leukimia ditandai dengan muka yang terlihat pucat dan kurang bergairah. Anak yang terjangkit leukimia biasa mengalami anemia/kekurangan darah yang membuat penderita terlihat pucat, gampang lelah, dan merasa lemas dalam melakukan aktifitas.

2. Terjadi Demam Berkepanjangan

Anak yang terjangkit penyakit leukimia biasa mengalami demam berkepanjangan. Hal ini dikarenakan darah telah terinfeksi yang membuat sel darah putih tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Petanda leukimia biasa penderita akan mengalami panas beberapa hari yang tak kunjung turun dan suhu panasnya pada kisaran 38 derajat celcius bahkan lebih.

3. Terjadi Pembengkakan

Penderita penyakit leukimia juga akan mengalami pembengkakakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini seringkali ditemukan pada area dada, ketiak, dan kadang kala pada leher. Pembengkakan ini biasa terjadi hanya beberapa hari saja.

4. Mengeluhkan Sakit Tulang

Penderita penyakit leukimia juga kerap kali mengeluhkan rasa sakit pada tulang terlebih pada persendian dan tak jarang penderitanya jatuh saat berjalan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang tidak bisa bekerja dengan normal dan akibatnya membuat kinerja sumsum tulang tidak maksimal.

5. Mudah Mengalami Pendarahan dan Juga Memar

Penderita leukimia juga kerap kali mengalami pendarahan dan juga memar tanpa sebab. Pendarahan seringkali terjadi melalui mimisan, gusi yang tiba-tiba berdarah, dan tak sedikit penderitanya mengalami bintik-bintik merah yang menyebar di seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pembekuan darah pada sekitar organ tubuh.

Itulah sedikit informasi mengenai gejala penyakit leukimia stadium awal pada anak. Bila anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak lagi seputar kesehatan beserta alternatifnya, anda bisa bergabung dengan Futuready.

Leave a Reply