Mengetahui Gejala Penyakit Diabetes Sejak Dini

Penyakit diabetes mellitus atau yang biasanya dikenal dengan kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan karena sistem insulin yang tidak bekerja dengan baik arena kadar glukosa yang berlebih dalam darah. Diabetes dibagi menjadi dua tipe, tipe 1 dan 2; diabetes tipe 1 disebabkan karena sistem imun tubuh yang berfungsi melawan virus dan bakteri malah berbalik melawan hormon insulin sehingga menyebabkan gula yang seharusnya diedarkan ke sel menjadi menumpuk dalam darah. Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidak mampuan pankreas untuk menghasilkan hormon insulin sehingga menyebabkan penumpukan gula dalam darah. Penyebab asli diabetes tipe ini belum diketahui secara pasti namun kelebihan beratbadan dan kurang aktivitas dipercaya mernjadi faktor penyebab.

Perlu diketahui gejala penyakit diabetes untuk segera mendapat penanganan dari dokter. Beberapa gejala penyakit diabetes antara lain; lebih sering buang air kecil. Penderita diabetes mengaku sering mendapat dorongan untuk buang air kecil lebih sering dari normal. Karena sering buang air kecil, penderita diabetes pun akan cepat merasa haus. Pada sebagian kasus penderita diabetes, terdapat gejala mati rasa pada sekujur tubuh seprti kesemutan; hal ini dikarenakan peningkatan kadar gula darah membuat serabut saraf mengalami kerusakan. Gejala selanjutnya adalah berat badan berkurang dan nafsu makan bertambah. Pada beberapa orang, terjadi penuruan penglihatan atau mata menjadi buram. Proses pemulihan luka yang lamabt juga merupakan gejala diabetes.

Bila anda atau seseorang di sekitar anda mengalami gejala penyakit diabetes seperti diatas, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter.

Leave a Reply