Penyebab Lahir Prematur dan Cara Mengatasinya

Kelahiran premature merupakan kondisi kehamilan yang harus dihindari. Hal ini dapat membahayakan bagi kedua pihak yang bersangkutan yaitu calon buah hati dan calon ibu. Sebagai orang yang hidup di jaman yang sudah maju dan modern, maka setiap ibu hamil pada khususnya dan semua wanita pada umumnya harus mengetahui hal-hal yang bersangkutan dengan kehamilan.

Baca Juga : cara mengetahui kehamilan secara alami

Penyebab Lahir Prematur dan Cara Mengatasinya

Salah satunya adalah mengetahui tentang penyebab lahir premature dan cara mengatasi bayi lahir premature. Kelahiran premature adalah kelahiran yang belum saatnya atau kelahiran yang terlalu cepat. Ada beberapa penyebab bayi yang lahir dengan premature seperti berikut:

  • Dehidrasi

Kondisi dehidrasi yang dialami oleh ibu saat hamil menyebabkan terjadinya kontraksi dini. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan dengan maksimal selama masa kehamilan.

  • Terjadinya kecelakaan

Kecelakaan yang menyebabkan guncangan atau benturan dapat mengakibatkan air ketuban menjadi pecah. Akibatnya, bayi harus dilahirkan secara premature.

  • Gaya hidup calon ibu

Gaya hidup calon ibu sangat mempengaruhi kesehatan balitanya. Ibu yang sering mengonsumsi alcohol maupun ibu yang sering mengalami stress lebih berpotensi untuk mengalami kelahiran premature.

  • Infeksi pada vagina

Hal ini merupakan salah satu pemicu terjadinya kelahiran premature. Infeksi biasanya disebabkan karena bakteri maupun jamur.Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan kewanitaan. Jika terjadi infeksi, segera periksakan ke dokter.

  • Posisi tali pusar

Posisi tali pusar yang melilit bayi bisa juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan kelahiran premature.
Penyebab lahir premature di atas sebisa mungkin harus dihindari. Untuk mengatasi kelahiran premature, Anda dapat melakukan pencegahan seperti di bawah ini:

  • Ubahlah gaya hidup Anda

Lakukanlah pola hidup yang sehat mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menghindari alcohol dan sejenisnya, dan hindari stress. Jika gaya hidup sudah berubah menjadi lebih baik, maka kesehatan ibu pun akan pulih kembali.

  • Minumlah susu ibu hamil dan vitamin

Untuk menunjang kesehatan bayi dan ibu, Anda bisa mengonsumsi susu ibu hamil seperti susu LTC Lactamil yang kaya akan nutrisi. Penuhi juga kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi vitamin dari dokter secara rutin.

  • Melakukan rencana kehamilan

Untuk menghindari terjadinya kelahiran premature, maka Anda bisa merencanakan program kehamilan dengan memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian, dokter dapat mengawasi kesehatan ibu sebelum berencana untuk hamil.

  • Siapkan kondisi mental

Selain harus menjaga kesehatan badan, kondisi mental atau psikis pun harus diperhatikan. Hindari menumpuk masalah yang dapat mengakibatkan stress. Siapkanlah psikologis Anda agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi janin.
Itulah beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya kelahiran premature. Penting bagi Anda untuk rutin melakukan cek kandungan agar mengetahui perkembangan bayi dari waktu ke waktu.