Peralatan Mandi Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Dalam hal memandikan bayi hendaknya dilakukan dengan penuh kehati-hatian, sebab tubuh bayi masih belumlah terbentuk sempurna. Lebih-lebih untuk bayi yang baru lahir tentu masih rentan terhadap lingkungan sekitar, meski bayi begitu tak banyak gerak dan tidak berada pada lingungan luar yang terdapat banyak debu. Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para ibu dalam hal memandikan bayinya. Salah satunya yakni peralatan mandi yang digunakan, karena peralatan untuk bayi tentu berbeda jauh dengan orang dewasa. Adanya petunjuk mengenai ini, bisa mendukung bagi para ibu untuk memandikan si kecil yang masih dalam keadaan lemah. Apa sajakah peralatannya ? Simak berikut.

1. Bantal Dan Handuk

Gunakan bantal dan handuk untuk membantu mengelap bayi. Baringkan bayi di atas bantal yang terbungkus handuk. Lakukanlah pada ruangan tertutup agar si kecil tidak kedinginan.

2. Bak Mandi Khusus Bayi

Sediakan bak mandi yang telah dilapisi handuk atau spon ketika akan memandikan bayi agar mudah memandikannya. Selain itu bayi akan merasa nyaman dan aman dengan kedua lapisan itu.

3. Kain Waslap Atau Spon Bayi

Kedua alat ini juga berfungsi untuk membasuh tubuh pada bayi, setelah anda membuka pakaiannya satu – persatu agar tidak kedinginan.

4. Bola Kapas

Gunakan bola kapas untuk membersihkan area mata bayi dengan mudah dan. Namun, harus berbeda untuk setiap mata agar tetap steril.

5. Handuk Bertopi

Alat ini tentu membantu untuk mengringkan bayi. Jangan digosokkan di badannya agar kulit tidak lecet.

6. Popok Bersih

Sediakan popok yang bersih dan pakaikan sebelum memakaikan bajunya.

7. Penggunaan Alkohol

Benda ini bisa digunakan pada tali pusar bayi yang masih menempel. Namun hendaklah tanyakan dahulu pada dokter.

8. Produk Kulit Bayi

Hindari penggunaan pemakaian parfum dan bedak bubuk, karena menyebabkan gangguan pernapasan bayi apalagi untuk bayi yang baru lahir.

9. Sabun Bayi

Gunakan sabun bayi yang bebas mengandung hypoallergenic dan parfum agar melindungi kulit bayi. Gunakan sekali seminggu atau dua minggu.

10. Shampoo Bayi

Gunakan shampoo bayi yang di mudah pedih di matanya seperti Zwitsal Baby Shampoo. Gunakan 1 atau 2 kali setiap minggu dengan tumpahkan 2 – 3 tetes, lalu gososkkan perlahan.

11. Gunting Kuku Untuk Bayi

Cukup rapikan kuku bayi yang masih lunak dengan gunting kuku bayi setelah mandi.

12. Sikat Yang Halus

Sikatlah bagian kotoran atau kerak yang menempel pada kulit bayi dengan sikat yang halus setiap hari setelah mandi.

Itulah peralatan yang harus dipakai saat memandikan atau membersihkan bayi. Bisa juga untuk bayi yang baru lahir.