Pola Makanan untuk Diabetes yang Harus di Terapkan

Pola Makanan untuk Diabetes yang Harus di Terapkan – Diabetes merupakan penyakit keturunan yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Untuk mengetahui kadar gula dalam darah hana dapat dilakukan dengan cara diperiksakan langsung oleh dokter menggunakan alat tertentu. Cara yang perlu di perhatikan untuk mengurangi maupun mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah adalah dengan mengatur pola makan yang tepat untuk penderita diabetes. Karena menu makanan merupakan obat paling alami dan sangat ampuh untuk menjaga kesehatan penderita diabetes ini.

Pola Makanan untuk Diabetes yang Harus di Terapkan

Berikut saya akan membagikan pola makanan untuk diabetes yang harus diterapkan untuk Anda maupun untuk keluarga Anda yang menderita penyakit ini.

Setiap kali mendengar diabetes hal yang orang tangkap pertama kali adalah harus diet gula. Itu tepat sekali, Anda harus mulai mengurangi konsumsi gula Anda sehari-hari. Baik itu dalam masakan maupun dalam minuman yang Anda konsumsi setiap harinya. Solusi lain yang dapat Anda lakukan adalah mengganti gula Anda dengan gula rendah kalori. Misalnya gula jagung dari Tropicana, yang sengaja diformulasikan untuk para penderita diabetes. Minuman manis yang biasa nikmati sebaiknya diganti dengan jus buah manis segar dan menyehatkan.

Baca juga : Pemicu, Tanda-tanda serta Ciri-Ciri Penyakit Kanker Otak

Jenis makanan untuk diabetes yang yharus Anda konsumsi adalah sayuran hijau yang mengandung klorofil yang dapat menjadi antioksidan didalam tubuh. Selain itu sayuran hijau juga mengandung serat yang dapat memerangi pelepasan glukosa kedalam darah. Sayuran yang baik untuk penderita diabetes diantaranya adalah brokoli. Dalam brokoli menandung Sulforaphane yang berfungsi untuk melindungi dinding pembuluh darah akibatat kerusakan yang ditimbulkan diabetes, selain itu kandungan itu juga dapat mengontrol kandungan glukosa dalam darah. Selain itu ubi jalar, tomat, dan juga kacang-kacangan juga baik untuk penderita diabetes.

Selain sayuran hijau penderita diabetes membutuhkan asupan protein yang tinggi untuk tubuh mereka. Protein penting bagi tubuh dengan fungsi sebagai pembakar lemak, meningkatkan metabolism tubuh, dan menguatkan fungsi otot. Protein dapat di peroleh melalui beberapa jenis makanan diantaranya adalah putih telur, ayam maupun kalkun, ikan, dan juga daging. Jenis makanan untuk diabetes ini dapat Anda kombinasikan sesuai selera Anda yang pasti harus terpenuhi setiap harinya. Pola makan yang sehat tentu juga harus Anda sesuaikan dengan olahraga yang teratur dan kebiasaan hidup sehat lainnya yang baik untuk tubuh Anda.