Tips Pola Hidup Sehat

Hidup sehat dan bahagia adalah idaman setiap orang. Kadang kala padatnya aktivitas sehari-hari sering menjadi penyebab pola hidup yang tidak sehat dan akan berimbas pada menurunnya kualitas hidup. Beberapa orang memilih suplemen makanan untuk menunjang kesehatan tubuh seperti mengkonsumsi berbagai multivitamin serta minuman berenergi. Namun, suplemen tambahan tersebut memiliki efek samping bagi tubuh bila digunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama. Ada beberapa tips hidup sehat yang bisa anda lakukan setiap hari tanpa mengganggu jadwal aktivitas yang padat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita, terkadang kita sudah terpola dengan kebiasaan dan aktivitas kita sehari-hari, mulai dari aktivitas, pola makan , istirahat dan olah raga, pada umumnya orang sudah terbiasa dengan pola yang telah biasa dijalankan setiap hari, dari semua kebiasaan tersebut kadang kita tidak menyadari, bahwa pola hidup kita sudah sehat dan berimbang atau belum. Pola hidup sehat sangat penting sekali kita jalankan dalam keseharian kita, karena itu sangat penting bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Beberapa tips Pola hidup Sehat:

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berimbang dimana makanan yang bergizi sangat dibutuhkan tubuh sesuai dengan pola 4 sehat 5 sempurna.
  2. Pola istirahat dalam sehari-hari kita sangat penting kita perhatikan, karena dengan pola istirahat yang teratur dan cukup, tubuh akan selalu fit dan bugar, karena dengan segala aktifitas yang menjadi rutinitas bagi setiap orang dalam keseharianya, Istirahat merupakancara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran kembali bugar, setelah kita melakukan segala aktivitas sehari-hari.
  3. Minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, sebagaimana disesuaikan dengan aktifitas kita sehari-hari.
  4. Olah raga yang teratur akan sangat menunjang kesehatan kita, karena dengan olah raga yang teratur dan jadi rutinnitas setiap hari, tubuh kita akan selalu bugar, disamping itu olahraga sangat banyak mampaatnya bagi kesehatan tubuh kita, dengan olahraga yang teratur, akan dapat menurunkan Kolesterol dalam tubuh kita, menjauhkan kita dari resiko serangan darah tinggi, jantung, kangker dan stres.
  5. Merawat kebersihan tubuh, lingkungan dan selalu memperhatikan kebersihan makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Selain itu pola hidup sehat dapat dimulai dengan bangun pagi. Udara yang masih sejuk dipagi hari bisa membuat tubuh lebih fit karena kadar oksigen dalam udara masih banyak. Kemudian biasakan melakukan pergangan ringan untuk memperlancar aliran darah serta memberikan banyak pasokan oksigen keseluruh tubuh. Segera setelah anda bangun, minumlah segelas air putih atau bisa dicampur dengan air jeruk nipis atau lemon sebagai detox tubuh dan dalam satu hari sebaiknya minum setidaknya 8 gelas air putih. Sebelum beraktifitas, pastikan anda sarapan sebagai sumber energi anda selama satu hari.

Serta sarapan bisa menurunkan resiko terkena penyakit lambung. Bila tempat kerja ataupun sekolah jaraknya dekat dengan rumah, cobalah untuk berjalan kaki atau bersepeda. Sehingga setiap hari anda tetap mempunyai waktu untuk berolahraga. Untuk masalah makan, sebaiknya anda juga mulai berhati-hati dengan hanya mengkonsumsi makanan yang alami, bebas pengawet dan bahan tambahan additif lainnya, serta selalu menanmbahkan buah dan sayur. Hidup sehat sudah seharusnya menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Leave a Reply