Perkembangan Janin Pada Usia Kehamilan 1 Bulan

 Usia Kehamilan 1 Bulan

Usia kehamilan 1 bulan merupakan periode dimana tidak banyak wanita menyadarinya karena biasanya kehamilan baru diketahui ketika menginjak minggu ke-6 dimana tanda tanda hamil sudah terlihat dan seorang wanita melakukan test pack. Hamil 1 bulan sangat beresiko bila tidak dijaga dengan baik dan benar karena janin masih begitu kecil dan rentan.Dengan mengetahui perkembangan janin selama masa kehamilan 1 bulan pertama maka setiap ibu hamil dapat segera melakukan pemenuhan gizi dengan minum susu kehamilan. Mungkin banyak ibu yang belum mengetahui persis seperti apa perkembangan ketika janin berusia  1 bulan dalam kandungan, oke silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Tahapan Perkembangan Janin Usia Kehamilan 1 Bulan
Pada minggu ke-5 usia kehamilan, ukuran janin dalam rahim hanya sebesar biji apel dimana sebelumnya saat sel sperma bertemu dengan sel telur lalu terjadi pembuahan. 23 kromosom masing masing yang dimiliki sperma dan sel telur akan bersatu dan dengan cepat terjadi pembelahan sel. Zigot akan bergerak menuju dinding rahim dan menempel sehingga terbentuk embrio. Bagian embrio yang tidak menempel pada dinding rahim itulah yang akan tumbuh yang terdiri dari tulang belakang, susuan sel saraf pada otak, jantung dan organ vital lainnya.
Perlu diketahui juga bahwa pada usia 5 minggu, janin sudah memiliki jantung yang sempurna dan sudah berdeyut. Itu artinya sudah ada kehidupan dimana janin akan terus tumbuh dan berkembang pada minggu minggu selanjutnya. Setelah organ vital terbentuk, barulah terjadi pertumbuhan secara signifikan pada janin sehingga ketika usia kehamilan memasuki akhir trimester pertama, bentuk janin sudah sempurna, hanya saja ukurannya masih terlalu kecil.

Trimester pertama kehamilan sering juga disebut sebagai periode emas perkembangan janin yang akan menentukan kondisi janin ketika dilahirkan kelak. Untuk itu WYETH sangat menganjurkan kepada setiap ibu hamil menjaga serta mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari sehingga proses pembentukan organ penting janin selama trimester pertama dapat berjalan sempurna sehingga dapat lahir secara normal dan sehat. Itulah sedikit ulasan mengenai perkembangan janin pada usia kehamilan 1 bulan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.