Info Untuk Bunda Mengetahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan

Info Untuk Bunda Mengetahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan
Info Untuk Bunda Mengetahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan

Ketika janin sudah berada di usia kehamilan, perkembangan janin bayi bisa dikatakan mulai sempurna. Banyak wanita hamil yang menanti-nanti janin bayinya memasuki usia tujuh bulan.

Pasalnya, janin bayi yang berusia tujuh bulan sudah berwujud seperti bayi yang berada dalam rahim. Seluruh organ janin sudah mendekati kesempurnaan, tinggal menunggu proses kematangan organ bayi tersebut. Janin bayi mulai bergerak lebih agresif dibanding usia janin yang sebelumnya.

Wanita hamil kini sudah bisa merasakan gerakan tangan dan kaki janin dalam perutnya. Terkadang kaki dan lengan janin bisa mengakibatkan permukaan perut wanita hamil bergelombang atau tidak rata. Nah, selain itu banyak juga wanita hamil yang mengadakan acara syukuran atas penyambutan usia janin tujuh bulan.

Lantas bagaimana perkembangan janin bayi di usia kehamilan? Penting wanita hamil melakukan pemantauan perkembangan janin dalam kandungan mampu berkembang secara efektif atau tidak.

Nah dibawah ini ada beberapa penjelasan tentang perkembangan janin di usia kehamilan tujuh bulan :

  • Ketika usia tujuh bulan, jaringan lemak dalam janin mulai menumpuk. Lemak tersebut disebut Verinik. Peran Verinik tersebut sebagai penutup kulit janin yang bisa membuat kulit janin bayi tersebut tak akan basah bila terkena air ketuban. Selain itu, Verinik juga berperan sebagai penghangat tubuh janin meskipun ada dalam air ketuban.
  • Permukaan otak sudah mulai membentuk jaringan dan berkerut-kerut lebih sempurna. Terdapat juga sel-sel syaraf otak yang terlapisi lemak yang bisa membuat proses perangsangan bisa diterima oleh otak dengan sempurna. Perkembangan otak janin mengalami peningkatan lebih pesat di rentang usia tujuh bulan hingga tumbuh menjadi anak berusia lima tahun.
  • Alat kelamin mulai terlihat, tapi terkadang dapat berubah. Jika alat kelamin janin perempuan maka dapat berubah jadi laki-laki, tapi jika janin kelamin janin laki-laki, alat kelaminnya tidak bisa berubah. Pasalnya, ketika alat kelamin terdeteksi berjenis perempuan, bisa saja penis belum kelihatan.
  • Janin kelamin laki-laki bisa membuat rahim wanita hamil berada diatas pusar sekitar 8cm.
  • Gerakan janin bayi semakin sering dan lebih kuat.
  • Denyut jantungnya janin mulai terdengar lebih kuat dan keras.
  • Perkembangan janin tujuh bulan tubuhnya terlihat lebih kurus, meskipun sudah mempunyai berat sekitar 1100 gr dan panjang janinnya sekitar 35-38 cm.
  • Janin bayi mulai merasa tidak nyaman saat berada dalam rahim karena ukuran tubuhnya semakin bertambah. Janin merasa kondisi rahim mulai sempit. Tak heran bila janin dalam rahim terus melakukan pergerakan yang kuat untuk mencari posisi kenyamanan dalam rahim Ibu. Nah, USG bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi hal ini, tak jarang kaki janin posisinya berada dibawah sementara kepalanya berada diatas seperti posisinya bayi sungsang.

Itulah penjelasan tentang perkembangan janin di usia kehamilan. Nah, Anda juga direkomendasikan untuk terus konsumsi susu untuk mendukung perkembangan janin bayi Anda. Pasalnya, susu formula dilengkapi dengan kandungan yang baik untuk perkembangan janin seperti Omega 3, 2 asam lemak dan Omega 6. Semoga bermanfaat untuk info lebih lanjut bunda bisa dapatkan disini ya!