Waspadai Bakteri Penyebab Penyakit Difteri

Pengobatan-Penyakit-Difteri

Waspadai Bakteri Penyebab Penyakit Difteri

lifebuoy.co.idTahukah Anda apa itu difteri? Difteri merupakan penyakit yang menyerang selaput lendir, tenggorokan dan hidung, penyakit ini kadang dapat mempengaruhi kulit. Difteri termasuk dalam penyakit infeksi serius jika tidak segera mendapatkan penanganan. Bakteri penyebab penyakit difteri ini seperti corynebacterium ulcerans serta corynebacterium diphtheriae. Masa inkubasinya sendiri umumnya 2 hingga 5 hari. Gejala yang mengindikasikan adanya penyakit difteri seperti sakit tenggorokan dan suara menjadi serak, sulit bernafas, lemas, lelah, hidung beringus.

Bakteri penyebab timbulnya penyakit difter ini memang begitu cepat menyebar sehingga harus dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Difter sendiri dapat menyerang kulit sehingga menyebabkan bisul. Bisul ini akan sembuh dalam waktu beberapa bulan, biasanya bisul akan meninggalkan bekas di kulit. Jika Anda mengalami bisul ini, dan menunjukkan gejala seperti yang berada di atas, segera periksakan ke dokter agar penyakit dapat secepatnya diobati dan mencegah timbulnya komplikasi.

Penyebaran bakteri penyakit difteri bisa terjadi dengan begitu mudah seperti penyebaran melalui udara ketika penderita batuk atau bersin. Selain itu ada beberapa metode penularan lainnya yang harus Anda waspadai, seperti:

  • Barang yang telah terkontaminasi bakteri seperti handuk dan mainan,
  • Sentuhan langsung di bisul penderita. Penularan bisul ini biasanya terjadi pada penderita yang hidup di lingkungan yang padat penduduk dan kebersihannya kurang terjaga dengan baik,
  • Meminum susu yang tidak melalui proses sterilisasi,
  • Kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi,
  • Mengkonsumsi makanan yang terbuat dari susu padahal belum di sterilisasi.

virus difteri

Untuk diagnosis awal pada difteri ini terlihat dari gejalanya seperti sakit tenggorokan yang disertai dengan pembentukan membran abu. Dokter akan mengambil sample dari lendir si penderita, bila seseorang di duga terkena penyakit difteri, dokter akan mulai melakukan berbagai macam penanganan, dokter akan menganjurkan perawatan di ruang isolasi, selain itu obat yang diberikan dengan 2 jenis yakni obat, antitoxin dan antibiotik. agar Anda terhindar dari bakteri penyebab penyakit difteri, Anda dapat melakukan pola hidup sehat dan usahakan mencuci tangan sebelum makan atau sesudah melakukan kegiatan yang mengundang banyak kuman. Gunakan Lifebuoy agar kuman dan bakteri mati.